Alor, Surga Wisata Pantai di Indonesia Timur

IRFANRO.COM - Indonesia adalah negeri yang kaya akan wisata pantai. Ini bisa terjadi karena Indonesia adalah sebuah wilayah yang tersusun dari pulau-pulau. Dari Sabang sampai Merauke pun bertebaran pantai-pantai yang indah. Salah satu daerah di Indonesia bagian timur yang memiliki pantai yang eksotis adalah di pulau Alor.

Pulau Alor memiliki banyak tempat wisata alam dan budaya yang eksotis. Keindahan pantai, biota lautnya, serta spot terbaik untuk diving menjadi incaran wisatawan mancanegara. Kebeningan air lautnya dengan ikan warna-warni serta keindahan alam bawah lautnya membuat laut Alor terkenal ke seluruh dunia. Bahkan taman laut Alor dijagokan sebagai yang terbaik kedua di dunia setelah Kepulauan Karibia.

Ibukota Kabupaten alor terletak di kota Kalabahi. Pulau Alor sendiri adalah salah satu dari dua pulau utama di Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nah, rekomendasi beberapa wisata pantai  di Alor yang wajib dikunjungi adalah:

Pantai Sebanjar


(image: instagram @zoomalor)



Pantai Sebanjar terletak di kecamatan alor barat laut, berjarak sekitar 6 km dari kota Kalabahi. Akses ke lokasi ini bisa menggunkan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Suasana pantai berpasir merah muda yang indah dan masih belum banyak campur tangan manusia. Tersedia area penginapan di sekitar pantai, dan yang menarik anda bisa snorkeling di pantai ini.

Pulau Kepa

(image: berkelana.net)

Di lokasi ini juga bisa snorkeling dan diving. Pemandangan atas bawah lautnya sangat eksotis. Jika beruntung berkunjung disekitar bulan Agustus - September kita dapat menikmati fenomena air laut dingin, saat dimana ketika air laut dingin berlangsung semua ikan di laut akan mati dan penduduk di sekitar pesisir berbondong-bondong  untuk memilih ikan yang mati untuk dimasak dan dikonsumsi. Fenomena ini sudah berlangsung sangat lama dan belum diketahui sebab pastinya walaupun sudah diteliti.

Ling Al Land

(image : instagram @zoomalor)

Banyak yang bisa dilakukan di pantai ini. Bermain perahu kayu, snorkeling dan foto-foto. Spot terbaik di lokasi ini dari kejauhan, bisa lebih bagus lagi jika menyempatkan naik bukit dan mengambil gambar dari atas bukit dengan background pantai.


Pantai Pigewa
Pantai yang sangat tenang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Jika anda ingin hibernasi sejenak merefresh otak, silahkan ke Alor. Pantai Pigewa adalah pantai yang berhadapan langsung dengan Timor Leste dan merupakan pantai dengan banyak spot memancing ikan.

(image: instagram @zoomalor)

Itulah rekomendasi beberapa pantai eksotis di Alor. Sebenarnya masih banyak lokasi lainnya, termasuk Maimol dan Paliboo, tapi setidaknya empat lokasi tersebut wajib dimasukkan rundown liburan anda di Alor Nusa Tenggara Timur.

Dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar, Anda akan sampai ke Alor melalui Kupang. Selain Garuda Indonesia, maskapai Lion Air, Batavia Air, dan Sriwijaya Air adalah yang melayani rute Jakarta-Kupang. Dari Kupang, maskapai TransNusa melayani penerbangan ke Alor setiap hari. Perjalanan ditempuh selama lebih kurang 50 menit. Alor juga bisa dicapai dengan menggunakan kapal feri PELNI. Dari dari Kupang ke Alor dijadwalkan seminggu dua kali, dengan lama perjalanan 18 jam.

Sumber:
1. Instagram @zoomalor
2. www.kompasiana.com
3. pulaualorntt.wordpress.com
4. Sumber lainnya.


Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

1 komentar:

  1. pantai disini sangatlah bagus saya sudah mengunjunginya dan tidak rugi kalo datang untuk mencoba wisata disini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top