Cara Memasang Ring / Emban Sendiri

IRFANRO.COM - Hai sob ... Masih seputar batu akik, tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam hal memasang batu akik ke cangkang nya atau ke ring nya. Beberapakali saya kecewa dengan tukang pasang emban akik. Pengalaman pemasangan yang tidak rapi seperti batu miring, pemakaian lem yang over maupun batu terkena kikir. Maka dari itu, sampai sekarang saya memasang batu di ring sendiri. Ada dua macam ring, ring jepit sama ring tanam.

Adapun alat-alat sederhana yang perlu disiapkan untuk memasang ring sendiri adalah: palu mini, alat kikir, sunglon (besi panjang yang dimasukkan ke lingkar ring) dan koin. Koin disini dipakai untuk memasang ring tanam.

*Ring Jepit:

1. Kikir bagian dalam jepitan ring nya. Untuk ring titanium yang sangat keras hal ini memudahkan dalam pemasangan. Tidak perlu LEM. Karena lem yang tidak rapi menjadikan cincin kita jelek. Jadi nya seperti ini setelah di kikir:
2. Setelah bagian dalam jepitan dikikir lalu batu dipasang. Ring titanium yang terkenal keras pun akan mudah dipasang dan rapi. Jadinya seperti ini:

*Ring Tanam:
Untuk ring tanam menurut saya lebih susah rapinya daripada ring jepit. Saran saya, belilah ring dulu baru batu digospol disesuaikan dengan size ringnya, agar rapi. Caranya seperti di gambar ini: 
Nah seperti pada gambar itu ada palu dan koin. Koin berfungsi sebagai alat untuk merapikan pinggiran ring tanam. Kita tahu sebagian besar tukang ring langsung main pukul saja tanpa perantara koin, yang mengakibatkan Jeleknya cincin kita.

Semoga penjelasan sederhana ini bisa menambah pengetahuan dalam memasang batu pada ring / iketan / emban.

Written by

"Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Aku mencintaimu ... Untuk semua waktu ketika aku melupakannya".

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan

 

© 2013 Irfan Ro. All rights reserved. Designed by Templateism

Back To Top